Sunday, June 19, 2016

Mengenal Karakter Konsumen

transaksi jual beli
Kita yang bergerak di dunia usaha harus tahu dan mengenali mengenai karakter-karakter pembeli :

Menurut pendapat saya pembeli itu ada dua jenis :

1.Pembeli Dadakan 
   Pembeli dadakan adalah orang yang memutuskan untuk membeli sesuatu karena ia tertarik saat melihat atau mendengar produk tertentu.jadi sebagai penjual kita harus punya pancingan agar jumlah dari pembeli dadakan itu bisa meningkat.

1.Tampilan dari produk kita harus bisa menarik konsumen dadakan ini.
2.Saat konsumen dadakan mendekati harus ada interaksi yang menarik dan berikan sugesti-sugesti yang membuat konsumen penasaran dan tertarik untuk membeli produk kita.
3.segera infokan kelebihan produk kita saat percakatan kilat terjadi antara calon pembeli yang mulai menanyakan tentang produk kita.
4.kemasan dan produk yang kita berikan harus membuat konsumen puas agar diwaktu berikutnya ia memutuskan untuk kembali membeli produk yang kita jual itu.

2.Pembeli yang punya niat.
Pembeli yang punya niat untuk membeli bisa terlihat dari pergerakannya ia yakin dan terkadang langsung mengucapkan jumlah produk yang akan ia beli untuk konsumen ini bisa dipastikan bahwa ia adalah konsumen yang pernah melakukan transaksi dengan kita.dan untuk jenis konsumen ini ada beberapa hal yang mungkin dapat membantu diantaranya ialah :
  1. Mengenalkan produk dan kelebihan produk kita tidak terlalu signifikan karena ia telah memiliki image yang kuat tentang produk kita.
  2. Pastikan pelayanan yang kita berikan memberikan kepuasan diantaranya ialah kecepatan dan ketepatan pelayanan kita.
Cara menampilkan produk kita itu ada beberapa cara yaitu :
  1. susun produk-produk kita agar mudah terlihat oleh konsumen
  2. pastikan tidak semua produk kita kita susun disana cukup master yang mengikat konsumen saja karena akan menghabiskan tempat untuk display produk
  3. patikan semua peralatan yang kita susun tidak membuat ilfill konsumen.

No comments:

Post a Comment